Selasa, 03 Maret 2015

Perangkat Lunak

Definisi Perangkat Lunak
• Software = Perangkat lunak

 Kumpulan program komputer dengan fungsi tertentu
• Perangkat lunak adalah
1. Instruksi (program komputer) yang bila dieksekusi dapat menjalankan fungsi tertentu,
2. Struktur data yang dapat membuat program memanipulasi informasi, dan
3. Dokumen yang menjelaskan operasi dan penggunaan program (Pressman, 1997).


Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Era Perkembangan Perangkat Lunak
1. Era Pemula (Pioneer) 
Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.
2. Era Stabil 
Pada era ini perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
3.  Era Mikro 
Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
4. Era Modern 
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah ditanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. 

Software menurut jenisnya di bagi menjadi  :
1. Perangkat lunak sistem :
    a) Operating System (Sistem Operasi) : memiliki fungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan semua komponen dan fungsi komputer. Sistem operasi harus ada di setiap komputer dan menjembatani interaksi antara komputer dan penggua (user). Beberapa contoh sistem operasi diantaranya adalah DOS, Windows, UNIX, dan linux.
    b) Programming Language (Bahasa Pemrograman) : Software jenis ini memberikan instruksi standar yang melibatkan sintak dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program aplikasi komputer (computer application program). contoh bahasa pemrograman adalah Java, PHP, dan Microsoft Visual Basic.
   c)  Utility : merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dalam sistem komputer.

 2. Perangkat lunak aplikasi :
   Application Program (Program Aplikasi) : Software yang ditujukan untuk keperluan dan kegunaan khusus dan tertentu, misalnya untuk akuntansi, presentasi, perpustakaan, dan lain-lain. Semua program aplikasi dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman. Beberapa contoh program aplikasi adalah Microsoft Office Word untuk membuat dokumen, Myob untuk akuntansi, OpenOffice.org Impress untuk presentasi dan lain-lain.


Jenis Software berdasarkan Aplikasi-nya:
1. Perangkat Lunak Sistem (Sistem Software)
Sekumpulan program yang ditulis untuk kepentingan program lain
contoh : editor, driver dan lain-lain
2. Perangkat Lunak Waktu Nyata (Real Time Software)
Suatu perangkat lunak yang berfungsi mengendalikan, memonitor atau menganalisis kejadian (event) yang terjadi pada keadaan nyata (seketika).
3. Perangkat Lunak Bisnis (Business Software)
Perangkat lunak yang memberikan fasilitas operasi untuk bisnis atau fasilitas pengambilan keputusan manajemen.
contoh : sistem akuntansi, inventory, payroll dan lain-lain.
4. Perangat Lunak Rekayasa dan Sains (Engineering and Scientific Software)
Perangkat lunak yang digunakan di dalam bidang aplikasi teknik dan kerekayasaan. Perangkat lunak jenis ini biasanya berhubungan dengan komputasi data numerik, CAD (Computer Aided Design), simulasi sistem, dan lain-lain. 
contoh : AutoCAD
5. Embedded Perangkat lunak yang ditanam pada suatu chip (EEPROM).
Perangkat lunak ini terintegrasi dengan perangkat keras dan berfungsi mengatur kinerja dari perangkat keras tersebut.
contoh : microwave oven, telpon genggam, pengaturan avionik pesawat udara, dan lain-lain.
6. Perangkat Lunak Komputer Pribadi (Personal Computer Software)
Banyak digunakan pada aplikasi yang bersifat perorangan
contoh : pengolah kata, spreadsheet, game, DBMS dan lain-lain.
7. Perangkat Lunak Intelegensia Buatan (Artificial Intelligent Software)
Dibuat dengan menggunakan teknik algoritma non-numerik untuk memecahkan masalah yang kompleks, digunakan dalam bidang aplikasi kecerdasan buatan
contoh : game, expert sistem, neural network, dan lain-lain

Karakteristik Perangkat Lunak
Perangkat lunak lebih dikenal sebagai elemen lojik daripada fisik, oleh karena itu perangkat lunak memiliki karakteristik yang berbeda dari perangkat keras :
1. Perangkat lunak dikembangkan atau direkayasa, jadi tidak diproduksi dalam pengertian klasik.
2. Merupakan produk yang unik (tidak ada seri produksi).
3. Perangkat lunak tidak pernah akan rusak/aus karena selalu diperbaharui
4. Tidak terlihat (invisible).
5. Perangkat lunak pada umumnya dibangun sesuai keinginan, jadi tidak dibentuk dari komponen yang sudah ada.
6. Fleksibel, sehingga mudah dimodifikasi.
7. Dihubungkan (linked) dengan sistem komputer. 


Rekayasa Perangkat Lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.

Mengapa Rekayasa Perangkat Lunak ?
• Perangkat lunak lebih banyak menyebabkan masalah daripada menyelesaikannya.
• Peningkatan ukuran perangkat lunak tanpa pengorganisasian.
• Perbaikan suatu kesalahan menyebabkan timbulnya kesalahan lainnya.
• Tidak ada kendali pemeliharaan.

sumber :
http://www.termasmedia.com/65-pengertian/72-pengertian-software.html
http://tentangkomputerkita.blogspot.com/2010/04/pengertian-perangkat-lunak-software.html
Software Engineering A Practitioner’s Approach

Tidak ada komentar:

Posting Komentar